Sebanyak 306.844 Lembar Suara Pilkada Cilegon, Mulai Dilipat 55 Orang

Sebanyak 306.844 lembar surat suara sudah sampai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon. Penyelenggara pemilu itu menargetkan surat suara dilipat bisa selesai dalam tiga hari.

Kemudian, ada dua ribu lembar surat suara cadangan yang disiapkan oleh KPU sebagai antisipasi.

“Surat suara yang kami terima ini sebanyak 286.844 surat suara plus dua ribu surat suara cadangan. Kami targetkan tiga hari (Senin hingga Rabu) mendatang pelipatan sudah harus selesai,” kata Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi, kepada, Selasa (01/12/2020).

Surat suara itu datang ke gudang KPU Cilegon dini hari tadi, Senin 30 November 2020. Pelipatan sendiri melibatkan 55 orang, termasuk mahasiswa di Kota Baja.

Baca:

“Dalam pelipatan surat suara ini tetap kami kedepankan protokol covid-19 dengan menerapkan dua shift (pagi dan sore hari), sehingga proses pelipatan surat suara sesuai dengan target yang diharapkan,” terangnya.

Jika ditemukan surat suara rusak, maka akan disortir kemudian dimusnahkan. Pihaknya memastikan kerusakan surat suara berasal dari perusahaan percetakan.

“Seluruh kertas yang tak layak atau rusak tersebut bersumber dari percetakan. Kemudian surat suara yang tadi dalam kategori tidak memenuhi syarat akan kita musnahkan berbarengan,” pungkasnya.

 Sebelumnya, 187 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIA Cilegon bisa menggunakan hak pilihnya, dalam Pilkada Kota Cilegon yang akan berlangsung pada 09 Desember 2020. Namun data itu akan terus berubah hingga H-2 pencoblosan, karena dipastikan ada WBP yang keluar masuk.

“Ada 187 WBP di lokasi kita, tadinya dapat nya ada 7 orang DPT, pas bulan Juli. Sekarang ditambah lagi ada 125,” kata Kasi Binadik Lapas Klas IIA Cilegon, Oki Setiawan di kantornya, Selasa (22/09/2020).

Setiap warga binaan permasyarakatan yang notabene warga Kota Cilegon, mengumpulkan KTP dan KK untuk pendataan daftar pemilih. Pihak Lapas berkomunikasi dengan keluarga WBP untuk mengumpulkan persyaratan tersebut.

(Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait