Sepabola

Shin Tae-Yong Berhasil Bawa Dua Timnas Indonesia Ke Piala Asia

Shin Tae-Yong, Pelatih asal Korea Selatan, sejauh ini memberikan hasil untuk Indonesia. Dia berhasil membawa Timnas Indonesia senior dan Timnas U-20 menuju Piala Asia.

Kerja keras Shin Tae-Yong sejak ditunjuk PSSI sebagai juru taktik pada akhir Desember 2019 mulai membuahkan hasil.

Pria kelahiran Korea Selatan berhasil mengantarkan tim senior Indonesia ke Piala Asia saat meraih tiket sebagai runner-up terbaik pada Juni lalu.

Indonesia memulai perjalanan di Grup A dengan mengalahkan tuan rumah Kuwati 2-1. Kemudian, kalah 0-1 dari Yordania dan menang telak 7-0 atas Nepal pada laga terakhir.

Timnas Indonesia finis di peringkat kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Tiket tersebut didapatkan setelah bersaing dalam klasemen runner-up terbaik.

Timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae-Yong berhasil ke Piala Asia 2023 di Uzebkistan. Indonesia berhasil menjadi juara Grup F setelah mengalahkan Vietnam 3-2 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Semasa aktif bermain, Shin Tae-Yong hanya membela dua klub yaitu Seongnam FC dan Queensland Roar FC.

Namun, sebagian besar karier pelatih kelahiran Yeongdeok, Gyeongbuk, 11 Oktober 1970 itu dihabiskan di Seongnam FC.

Shin Tae-Yong mengawali kariernya di Seongnam FC pada 1992 setelah menimba ilmu di akademi Yeungnam University. Kehadiran Shin membuat lini serang klub berjuluk The Magpes itu disegani.

Klub tersebut menjadi titik kesuksesan dalam karier Shin. Dalam masa pengabdian selama 12 tahun sejak 1992 hingga 2004. Shin berhasil tampil sebanyak 296 dan menyumbang 76 gol.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button