Edukasi

SMA Muhi Yogyakarta Gelar Career Day

SMA Muhi Yogyakarta menggelar Career Day pada 21 Januari 2023, pukul 07.30 WIB dengan tema “Your Future is Your Preparation Fot Today”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Graha As-Sakinah SMA Muhi, Yogyakarta, dihadiri seluruh peserta didik kelas XII dan para orang tuanya.

Ada 3 pemateri yang hadir, yaitu Prof Budi Prasetyo Widiyobroto (Ketua eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Dr Dyah Handayani (Panitia Pelaksana SBMPTMu) dan Mawardi (Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru UMY).

Pada kesempatan ini para siswa dan orang tua akan mendapatkan informasi tentang berbagai jalur masuk perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi Muhammadiyah. Kegiatan Career Day ini diprakarsai oleh BK SMA Muhi.

Menurut Edo Lestari, Koordinator BK, siswa kelas XII sejak awal Januari 2023 telah mendapatkan layanan informasi secara klasikal tentang pola baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Selama hampir 2 minggu sejak 3 Januari 2023 sekolah telah menghadirkan para alumni SMA Muhi yang telah sukses menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Total ada lebih dari 20 perguruan tinggi negeri favorit dan 6 sekolah kedinasan.

“Adapun sistemnya adalah peserta didik yang berminat di suatu jurusan atau universitas akan dipertemukan dengan alumni SMA Muhi yang sedang menempuh studi disana. Kehadiran alumni akan mempererat jejaring dengan siswa sehingga nantinya alumni dapat membantu dan membimbing adik-adiknya.” ungkap Edo Lestari.

Kepala SMA Muhi mengatakan, siswa mendapatkan wawasan tentang berbagai jurusan yang tersedia di universitas yang berbeda, terutama yang diminatinya dan siswa memiliki perencanaan karir yang cermat untuk kelanjutan studinya.

“Career Day ini juga menghadirkan orangtua siswa. Saya berharap para orangtua memiliki pemahaman mendalam tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023, sehingga dapat mendampingi dan mengarahkan siswa dalam menetapkan perguruan tinggi pilihannya” pungkas beliau.

Prof Budi Prasetyo Widiyobroto memaparkan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah resmi membuka rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru 2023 Tim SNPMB membuka pendaftaran mahasiswa melalui 3 jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) serta Seleksi Mandiri oleh PTN.

Jalur seleksi yang pertama kali dibuka yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Jalur SNBP sendiri merupakan kesempatan yang diberikan siswa SMA/SMK/MA, yang memiliki prestasi unggul.

Dr Siti Dyah Handayani, Panitia Pelaksana SBMPTMu menyampaikan, jalur penerimaan SBMPTMu (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah) merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA).

Ini diinisiasi Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTMA.

Tujuan dari kegiatan ini agar PTMA mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

“Kualitas dan fasilitas pendidikan di perguruan tinggi Muhammadiyah tidak kalah dengan universitas negeri,” katanya.

Mawardi, Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru UMY menyampaikan bahwa di UMY banyak ditawarkan program beasiswa. Salah satu beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa untuk siswa SMA yang aktif sebagai kader Muhammadiyah. (Yusron Ardi Darmawan – SMU Muhi Yogyakarta)

Editor: Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button