Politik

Debat Pertama Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Disiarkan Trans TV

Debat pertama pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten tahun 2024 akan diselenggarakan pada Rabu, 16 Oktober 2024 akan disiarkan langsung oelh Trans TV, pukul 18.45 WIB.

Tempat depat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten itu berada di Auditorium Menara Bank Mega, Kompleks Trans Media di Jakarta dan peserta masing-masing pasangan calon tidak boleh lebih dari 150 orang dan durasi waktu yang disediakan kisaran 150-180 menit.

Siaran Pers dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten yang diterima MediaBanten.Com, Selasa (15/10/2024) menyebutkan, keputusan debat pertama para calon tersebut berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Banten Nomor 142 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2024.

Dalam siaran pers itu disebutkan, tema debat pertama ini mengangkat Tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Akselerasi Pembangunan Berkeadilan di Provinsi Banten”.

Model debat Paslon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten dilakukan dengan format Kandidat – Moderator. Debat ini yang menjadi peserta adalah Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Tahun 2024.

Ketentuan yang perlu dipatuhi bersama oleh masing-masing pasangan calon, dalam kesempatan ini kami menghimbau, agar mematuhi segala ketentuan untuk menciptakan pelaksanaan debat berjalan dengan baik, lancar, aman, dan kondusif.

“Masing-masing pendukung Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten maksimal 150 orang yang dapat masuk kedalam ruang studio debat. Semua peserta yang masuk harus menggunakan ID Card yang telah disediakan oleh Panitia,” demikian disebutkan dalam siaran pers tersebut.

Pendukung yang hadir dilarang membawa atribut bahan kampanye dan alat peraga kampanye, terkecuali bahan kampanye yang melekat pada pakaian yang digunakan oleh pendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubenur Banten Tahun 2024.

Pada debat perdana ini, tidak ada format debat yang terpisah antara calon gubernur dan calon wakil gubernur. Dua pasangan calon, yaitu Airin Rachmi Diany – Ade Sumardi dan Andra Soni – Dimyati Natakusumah, akan beradu ide dan gagasan dalam tiga gelaran debat terbuka.

Pilkada Banten 2024 diikuti oleh dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 01 adalah Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi yang diusung oleh Partai Golkar, PDIP, Partai Buruh, PBB, Partai Gelora, PKN, dan Partai Ummat.

Sedangkan, pasangan calon nomor urut 02 adalah Andra Soni-Dimyati Natakusumah yang diusung oleh Partai Gerindra, PKS, PSI, PKB, PAN, PPP, Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Garuda. (Iman NR)

Iman NR

Back to top button