BMKG: Puncak Kemarau di Banten Diprediksi Akhir September

Banten sudah memasuki musim kemarau. Puncaknya diprediksi akan terjadi hingga akhir bulan September 2020. Untuk wilayah Tangerang Raya, puncak kemarau sudah terjadi pada bulan Agustus 2020. Tangerang Raya terdiri dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

“Puncak musim kemarau untuk wilayah Banten terjadi pada bulan Agustus dan September 2020. Sebagian besar Tangerang dan Tangerang Selatan, diperkirakan terjadi pada bulan agustus 2020,” kata Kepala Bidang (Kabid) Data dan Informasi (Datin) Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Klas II Tangsel, Sutiyono, melalui pesan singkatnya, Selasa (01/09/2020).

Selama musim kemarau, hujan akan tetap turun di wilayah Banten. Lantaran, Indonesia merupakan negara tropis. Seluruh lapisan masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan air hujan yang turun untuk kebutuhan air baku, sehingga tidak terjadi kekeringan.

Baca:

“Perlu diketahui bahwa saat musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan sama sekali, tetap ada kejadian hujan. Dikarenakan kita berada di wilayah beriklim tropis yang memiliki penyinaran matahari sepanjang tahun sehingga hujan dapat terbentuk sepanjang tahun pula. Untuk wilayah Banten, pada musim kemarau 2020 ini diprakirakan sifat hujannya di atas normal,” terangnya.

BMKG berharap semua pihak dapat mengantisipasi terjadinya bencana kekeringan akibat musim kemarau, seperti berkurangnya pasokan air baku hingga kebakaran lahan dan hutan.

“Para pemangku kepentingan dapat lebih optimal melakukan penyimpanan air pada musim hujan ini untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan memanen air hujan,” jelasnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait