Kesehatan

Buah Leci Berbagai Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Buah leci merupakan buah tropis kecil dari keluarga soapberry, buah ini memiliki rasa manis dan segar serta memiliki kandungan nutrisinya yang tinggi.

Buah dengan nama ilmiah Litchi Chinensis, buah ini menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan, memiliki sumber vitamin, mineral dan antiooksidan yang sehat.

Kandungan yang terdapat di buah leci ini diantarnya.

Vitamin C sebanyak 71,5 miligram, Vitamin E sebanyak 0,07 miligram, Vitamin K sebanyak 0,4 mikogram, Air sebanyak 81,76 gram, Serat sebanyak 1,3 gram, Kalsium sebanyak 5 miligram, Kalium sebanyak 171 miligram, Energi sebanyak 66 kkal, Karbohidrat sebanyak 16,53 gram, Zat besi sebanyak 0,31 miligram, Kalium sebanyak 171 miligram, Folat sebanyak 14 mikogram.

Dengan jumlah kandungan yang terdapat di buah leci, sudah selayaknya buah leci memiliki berbagai macam manfaat.

Imunitas

Vitamin C merupakan nutrisi terpenting, buah ini memiliki lebih dari 100 persen kebutuhan harian asam askorbat dalam satu porsi. Sistem kekebalan tubuh mendapat dorongan besar, karena vitamin C senyawa antioksidan utama merangsang aktivitas sel darah putih, merupakan garis pertahanan utama sistem kekebalan tubuh manusia.

Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah tersebut dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah tubuh terserang penyakit.

Konsumsi vitamin C yang cukup diketahui dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus penyebab infeksi.

Tak hanya vitamin C, dalam buah leci juga terdapat vitamin B. Kandungan vitamin tersebut berguna untuk menjaga saraf, meningkatkan metabolisme, serta melindungi kesehatan jantung dan otak.

Memelihara Kesehatan Jantung

Leci mengandung polifenol dapat menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga mengandung flavonoid, tembaga dan kalium yang baik bagi jantung.

Mengobati sembelit

Buah leci mengandung serta yang bisa meningkatkan pergerakan usus. Hal ini dapat membantu mengatasi tubuh terhindar dari gangguan sembelit.

Mengontrol kadar gula dalam darah

Kandungan serat dalam leci dapat bermanfaat menjaga gula dalam tubuh. Serat pada buah ini bisa memperlambat penyerapan glukosa di usus. Saat proses penyerapan lambat maka kadar gula lebih terkontrol.

Meskipun memilki banyak manfaat, buah leci tidak dianjurkan dikonsumsi terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping. Buah ini bisa menyebabkan efek samping yang berkaitan dengan peradangan otak.

(Dari Berbagai Sumber / Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button