Ekonomi

Diserahkan Dokumen DIPA dan TKD Bagi Banten Rp28,9 Triliun

Pemerintah Pusat menyerahkan dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan daftar alokasi transfer ke daerah (TKD) untuk Provinsi Banten Rp28,9 triliun.

Dari alokasi Rp28,9 triliun tersebut terdiri dari belanja kementrian / lembaga di Provinsi Banten Rp11,1 triliun dan dana tranfer daerah, termasuk dana desa Rp17,8 triliun.

Dalam rilis Biro Adpim Pemprov Banten yang diterima MediaBanten.Com, Selasa (6/12/2022) menyebutkan, penyerahan dokumen DIPA dan TKD itu dilakukan Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (5/12/2022).

Plt Kepala Kantor Wilayah DJPB Banten, Mohammad Dody Fachrudin mengatakan, APBN tahun 2023 dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dalam merespons gejolak global yang masih terus berlangsung.

Dody merinci, belanja kementrian negara / lembaga di Provinsi Banten itu dialokasikan untuk 37 kementrian negara / lembaga yang terdiri dari 365 satuan kerja. Dana itu disalurkan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kanwil Ditjen Perbedaharaan Provinsi Banten.

“Sedangkan untuk Alokasi Transfer Ke Daerah dianggarkan sebesar Rp17,8 triliun termasuk dana desa. Nominal berbeda-berbeda, tentu itu parameternya di antaranya luas, jumlah penduduk dan kemudian kinerjanya serta beberapa hal lainnya,” katanya.

Rilis Biro Adpim itu menyebutkan, DIPA dan TKD diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan daerah maupun nasional dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dikatakan, penyerahan DIPA dan TKD tersebut akan menjadi basis dasar untuk melaksanakan tata kelola pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang memiliki keterkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat.

Pemprov Banten menggunakan rencana pembangunan daerah (RPD) sebagai dasar menetapkan agenda pemerintah yang akan dikosentrasikan pada tahun 2023.

Karena itu dibutuhkan pengawasan, baik itu oleh APIP, BPK, BPKP, APH dan stakeholder lainnya. Karena itu perlu melakukan pengawasan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya,” sambungnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, serta tamu undangan lainnya. (*)

(Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button