Gaya Hidup

Jangan Coba – Coba, Inilah Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Bahaya narkoba menurut Undang – Undang Narkotika pasal 1 ayat 1, narkotika merupakan zat buatan yang berasal dari tanaman dan memberikan efek halusinasi, penurunan kesadaran hingga kecanduan.

Awal mulanya narkotika berfungsi sebagai obat penenang atau penghilang rasa nyeri di dunia medis.

Penyalahgunaan zat berbahaya ini dinilai melanggar fungsinya dan bisa terkena sanksi hukum.

Sebagian besar dari pengguna narkoba tidak menyadari efek buruk yang berakibat fatal. Mereka hanya tergoda merasakan kesenangan sesaat sebagai pelarian dari permasalahan hidup yang dihadapinya.

Padahal, efek bahaya narkoba bukan perasaan menenangkan yang bikin ketagihan saja. Bahkan bisa merusak kesehatan fisik dan kejiwaan seseorang.

Berikut ini mediabanten telah melansir dari berbagai sumber. Sejumlah bahaya narkoba yang tidak bisa disepelekan begitu saja.

Menurunkan kesadaran hingga hilang ingatan

Bahaya narkoba yang pertama adalah menurunkan kesadaran yang dapat berujung pada hilang ingatan.

Hal tersebut dikarenakan narkoba dapat mengakibatkan efek sedatif seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, tingkat kesadaran menurun hingga koordinasi tubuh terganggu.

Merusak sel otak

Bahaya narkoba yang satu ini dapat terjadi jika digunakan dalam jangka panjang dan dalam dosis tinggi. Beberapa jenis narkoba memaksa otak bekerja tidak semestinya.

Otak dipaksa bekerja lebih cepat, namun menekan saraf pusat dan memaksa diri untuk lebih tenang.

Perubahan tersebut akan menganggu komunikasi antar sel saraf, sehingga dapat memicu kerusakan otak permanen. Sehingga dapat merusak sel otak.

Berujung Kematian

Bahaya naroba yang paling berbahaya adalah kematian. Kondisi tersebut berakibat konsumsi obat dalam kadar berlebihan, yaitu lebih tinggi dari jumlah yang dapat ditoleransi oleh tubuh.

Gejala overdosis narkoba ditandai dengan kejang – kejang, mulut berbusa dan bola mata yang mengarah ke atas.

Beberapa jenis narkoba legal digunakan dalam dosis dan resep yang disarankan oleh dokter.

Pada tersangka penyalahgunaan narkoba, mereka mengonsumsinya dengan sembarangan, tanpa kadar atau dosis yang selayaknya.

Dalam kasus yang ringan, kecanduan narkoba akan menimbulkan gejala berupa halusinasi, sakau, perubahan suasana hati dan penurunan nafsu makan.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button