Info SehatOpini

Jangan Dibabat, Ini 10 Manfaat Rumput Teki Bagi Kesehatan

Rumput teki merupakan salah satu jenis rerumputan yang dianggap mengganggu, karena dapat menyerap unsur hara yang seharusnya diambil oleh tanaman di pekarang dan kebun.

Rumput teki merupakan salah satu jenis gulma yang sangat mengganggu dan banyak dibasmi dengan cara disiangi dan juga dicabut.

Oleh: MUHAMMAD RIDWAN *)

Rumput teki (Cyperus rotundus) atau di luar negeri disebut sebagai nutgrass adalah tumbuhan semak abadi yang tingginya mampu mencapai 140 cm.

Batangnya tipis berwarna hijau gelap, daunnya panjang dan tajam. Batang bunganya memiliki penampang segitiga.

Tanaman ini aslinya berasal dari Afrika, Asia Selatan, Eropa tengah dan Selatan.

Rumput teki atau rerumputan kacang (Cyperus Rotundus) di Indonesia pada umumnya dikenal sebagai, rumput coco, rumputan Jawa, rumputan kacang merah dan alang kacang ungu.

Ternyata rumput ini memiliki banyak sekali manfaat, khususnya bagi kesehatan. Bahkan rumput ini telah digunakan oleh beberapa negara di Asia yang menggunakan rumput ini untuk mengobati berbagai penyakit.

Contohnya di India dan China rumput ini digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit dalam sistem pengobatan ayurveda (pengobatan tradisional India) dan di China.

Di Pakistan digunakan untuk mengobati masalah perut, sebagai diuretik dan stimulan serta meningkatkan fungsi sistem saraf. Sebab dalam umbi rumput ini terkandung zat yang baik yang dapat digunakan sebagai obat herbal.

Rasanya sedikit pahit, namun aromanya wangi. Tak hanya umbinya, bagian akar, daun, dan batangnya juga sangat berkhasiat mulai dari mengobati luka hingga mengatasi kolesterol jahat dalam darah.

Rumput tersebut memiliki nama ilmiah Cyperus rotundus L dan dapat diklasifikasikan sebagai kingdom: Plantae ( Tumbuhan ), sub kingdom: Tracheobinto (tumbuhan berpembuluh), Super divisi: Spermatophyta (Tumbuhan yang menghasilkan biji), divisi: Magnoliophyta (tumbuhan berbunga), kelas: Liliopsida (tumbuhan biji berkeping satu ), Ordo: Cyperales, famili: Cyperaceae, Genus: Cyperus dan Spesies: Cyperus rotundus L.

Rumput yang dianggap gulma ini mengandung banyak senyawa kimia seperti minyak aromatik, alkaloid, mineral, vitamin, kalsium, fosfor, natrium, karbonat dan lain sebagainya.

1. Mengontrol Epilepsi

Rumput teki dapat digunakan sebagai ramuan pengontrol kejang pada penderita epilepsi. Hal ini dikarenakan kandungan pretreatment dengan ekstrak etanol dapat menawarkan perlindungan yang cukup besar terhadap kejang pada tikus.

Mengutip sebuah penelitian dari Epilepsy, flavonoid yang ditemukan dalam ekstrak etanol mungkin bertanggung jawab atas aktivitas antikonvulsan. Ekstrak ini dapat digunakan untuk mengembangkan obat-obatan untuk epilepsi.

2. Mempercepat Prososes Pembekuan Darah

Manfaat penting lainnya dari rumput teki dan juga umbi rumput teki adalah dapat mempercepat proses pembekuan darah dan juga dapat membantu menyembuhkan luka yang baru.

Ketika terjatuh dan juga terluka, maka rumput jenis ini dapat menjadi andalan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, karena dapat membantu proses pembekuan darah.

Caranya pun mudah, tumbuk kasar batang dan daun rumput, lalu kompreskan pada bagian luka hingga rumput terasa mengering. Setelah itu, bilas dengan air mengalir hingga bersih. Lakukan beberapa kali hingga luka sembuh.

3. Masalah Pencernaan

Rimpang dari rumput teki telah digunakan untuk pengobatan tradisional serta banyak digunakan negara-negara di Asia untuk mengobati diare, disentri, parasit usus, gangguan pencernaan, gangguan usus dan masalah perut lainnya.

Kandungan kimiawi yang ada di tanaman ini menjadikannya obat yang efektif untuk memerangi gangguan pencernaan.

Rumput teki terdiri dari beberapa enzim dan senyawa aktif yang membantu merangsang berbagai reaksi biokimia. Ini akan membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan lebih baik.

Cara mengolahnya cukup direbus dan konsumsi air rebusannya. Dengan mengonsumsi umbi rumput teki ini, gangguan pencernaan bisa diatasi dengan baik.

4. Memperlancar Saluran Urin

Tak hanya itu, air rebusan umbi rumput ini, juga bisa mengobati kencing batu. Karena air rebusan umbi rumput ini yang bersifat diuretik atau membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh sehingga mampu membuat saluran urin yang terhambat karena penggumpalan garam bisa lancar kembali.

5. Merawat Kulit

Extrapone adalah formulasi khusus dari rumput teki yang digunakan untuk mencerahkan kulit dan telah banyak digunakan pada produk kecantikan. Akar rumput teki juga telah ditemukan memiliki sifat anti penuaan untuk kulit.

Ekstrak akar rumput teki juga mampu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Rumput teki dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya.

6. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat berikutnya dapat mencegah inflamasi pada kulit. Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak alkohol dari rumput teki ini miliki aktivitas anti inflamasi yang efektif melawan karagenan. Itu juga ditemukan efektif melawan artritis yang diuji cobakan pada tikus albino.

Hasilnya menunjukkan bahwa rumput teki dapat memberikan efek sangat tinggi serta kuat. Rumput ini juga mampu menyembuhkan Penyakit kulit seperti eksim, panu, kutu air, ruam dan berbagai macam penyakit kulit lainnya dapat sembuh dengan memanfaatkan rumput teki.

Yang perlu dilakukan adalah cukup dengan merajang daun rumput teki. Lalu kemudian mengompres bagian kulit yang mengalami penyakit kulit hingga terasa dingin dan lakukan berulang kali hingga penyakit kulit tersebut sembuh.

7. Menurunkan Demam

Manfaat lainnya dari rumput ini adalah mampu meredakan demam, karena umbi rumput mampu merangsang keluarnya keringat dalam tubuh sehingga membantu menormalkan kembali suhu tubuh saat demam.

Caranya cukup mudah, umbi rumput ini cukup dihaluskan saja dan dicampurkan dengan sedikit air, kemudian bungkus dengan kain tipis lalu kompres pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

8. Menghilangkan Sakit Gigi

Ramuan rumput ini mampu meredakan sakit gigi, karena rumput ini memiliki kandungan ekstrak minyak esensial dan petroleum eter yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Caranya, haluskan umbi rumput lalu seduh dengan 200ml air panas. Setelah hangat, tambahkan sedikit madu dan minum airnya.

9. Mengontrol Kolestrol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif yang ditemukan pada rumput memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan trigliserida. Kandungan ekstrak alkoholnya juga mampu menurunkan risiko hipertensi.

Caranya, rebus daun dan batang rumput. Minum air rebusannya secara teratur setiap hari.

10. Merangsang Produksi ASI

Bagi anda seorang ibu yang sedang menyusui, rumput teki dan juga umbi rumput teki memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu merangsang produksi ASI.

Manfaat rumput teki untuk kesehatan dan juga umbinya akan membantu memperbanyak jumlah ASI, sehingga sang buah hati tidak akan mengalami kekurangan nutrisi. (***)

*) Penulis adalah Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

SELENGKAPNYA
Back to top button