Khawatir Kena Covid 19, Warga Desa Parungsari Gelar Tes Swab Antigen

Sejumlah warga antusias mengikuti tes swab antigen gratis yang digelar di Desa Parungsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Selasa (3/8/2021). Tes swab itu di Madrasah Diniyah Takmiliah (MDT) Mathlaul Anwar, Kampung Cisonggong.

Sayuti, waga Kampung Songgom mengaku ikut tes swab antigen karena khwatir terpapar Covid 19. “Iya ingin ngecek saja. Soalnya takut terpapar corona. Apalagi infonya sekarang ini ada beberapa warga yang terpapar Covid 19,” katanya, Selasa (3/8/2021).

Menurutnya, layanan sweb gratis ini sangat membantu, terutama bagi warga yang ingin mengetahui apakah terpapar atau tidak. “Mudah-mudahan tes swab antigen gratis ini bisa terus dilakukan. Sehingga warga dapat dengan mudah mengetahui kondisi kesehatanalnya,” harapnya.

Sementara itu, Asep Ridwan, perangkat Desa Parungsari mengatakan, bahwa tes swab antigen gratis ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Desa Parungsari. Untuk itu, pihaknya memfasilitasi dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Pajagan, Babinsa Babinmas serta stakeholder lainya.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari banyaknya permintaan warga yang merasa khawatir dengan tingginya kasus covid 19 di Kabupaten Lebak.

Pihaknya berharap, agar warga Desa Parungsari tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid.

Sebelumnya, selain rutin melakukan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh ruang tahanan, Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sattahti) Polres Serang juga melakukan tes swab antigen kepada tahanan yang menginap di Rutan Polres Serang (Baca: Polres Serang Lakukan Tes Swab Antigen Tahanan Di Rutan).

Tes swab antigen dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan para tahanan serta sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

“Ruang tahanan merupakan tempat yang sangat rentan penyebaran Covid-19. Sebab kondisinya tertutup dan dihuni para tahanan. Termasuk juga ketika ada pengunjung yang datang atau adanya tahanan baru. Untuk itu kita lakukan tes swab,” ungkap Wakapolres Serang Kompol Didid Imawan, Kamis (1/7/2021).

Dikatakan Wakapolres, penghuni Rutan Polres Serang saat ini berjumlah 105 tahanan. Setelah dilakukan test swab antigen oleh tim Urkes Polres Serang, diketahui ada 13 tahanan yang reaktif Covid-19. Ketigabelas tahanan tersebut selanjutnya ditempatkan di ruang khusus isolasi yang terpisah dengan tahanan lainnya yang negatif. (Reporter: Demi Sopandi / Editor: IN Roshadi).

Berita Terkait