Lima Manfaat Gula Semut Mulai Penambah Semangat Hingga Kolestrol

Gelu semut merupakan gula merah yang dibuat bubuk. Bentuknya itu sering disebut sebagai gula kristal. Kenapa dibilang gula semut? Karena bentuk gula ini mirip rumah semut yang bersarang di tanah.

Bahan dasar untuk membuat gula semut adalah nira dari pohon Kelapa atau pohon aren (enau). Karena kedua pohon ini masuk jenis tumbuhan palmae, maka dalam bahasa asing, secara umum gula semut hanya disebut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.

Gula semut lebih praktis dibandingkan gula merah. Selain itu gula semut lebih mudah larut dalam air karena kandungan air di dalam gula yang sedikit, memiliki rasa yang manis, dan aroma yang khas sekali. Gula semut juga lebih tahan lama. Gula semut memilik banyak manfaat, di antaranya sebagai berikut.

1. Menambah semangat.

Jika selama ini merasa seperti kehilangan semangat karena energi di dalam tubuh berkurang, maka mulai dari sekarang ada baiknya untuk memanfaatkan gula semut. Gula semut memiliki kandungan kalori yang rendah. Namun hal ini justru bisa memicu penambahan energimu untuk tenaga dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Tambahkan saja gula semut sebagai gula pengganti minuman manismu di pagi hari.

Baca:

2. Mencegah anemia.

Anemia terjadi karena kurangnya kemampuan hemoglobin, yaitu suatu senyawa di dalam sel darah merah untuk mengikat oksigen di dalam darah merah. Akibat dari anemia penderita akan mengalami sesak nafas, lelah, dan kurang bersemangat dalam menjalankan hari-harinya.

Cara untuk mencegah terjadinya anemia adalah kamu bisa mengonsumsi gula semut sebagai tambahan pemanis minuman seperti teh. Saat membuat teh, ganti gula putih yang biasa dipakai dengan gula semut. Kemudian diminum tehnya pada pagi hari. Ini karena gula semut memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga baik untuk mencegah penyakit anemia.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Gula semut atau gula merah kristal mengandung senyawa yang dapat menjaga sistem daya tahan tubuhmu sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dari luar. Rutin minum air dari gula semut dan imbangi dengan olahraga.

4. Memperlancar peredaran darah.

Peredaran darah yang lancar sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena pasokan kebutuhan organ-organ dalam tubuh untuk darah menjadi tercukupi. Sehingga kinerja dari organ-organ tersebut menjadi maksimal. Untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sudah banyak bahan alami yang mampu membantu.

5. Menjaga kolestrol tubuh.

Kolesterol di dalam tubuh harus dijaga dalam jumlah yang normal. Saat kadar kolesterol naik bisa memacu berbagai komplikasi di dalam tubuh, termasuk penyakit jantung. Untuk itu menjaga kolesterol ibarat susah-susah gampang. Penderita kolesterol memang disarankan untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Gula semut memiliki kandungan niacin yang baik untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol di dalam tubuh saat kadar kolesterol naik.

Salah satu produk gula semut adalah Gula semut Wajan Lebak, merupakan gula aren halus yang diproses menggunakan bahan alami dari pohon aren yang ditanam secara organik di Kabupaten Lebak, Banten. Pengolahan gula semut yaitu dengan cara di oven sehingga kadar air yang terkandung didalamnya sangat rendah kurang dari 2% membuat gula lebih tahan lama.

Gula semut Wajan Lebak dapat digunakan sebagai campuran makanan/minuman. Manfaat gula semut Wajan Lebak diantaranya: – membantu sistem imunitas tubuh; – memiliki fungsi antibiotik; – bersifat antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas; – berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme glukosa, lemak dan alkohol; – menurunkan kadar kolesterol LDL; – meningkatkan fungsi kerja otak; – membantu kesehatan kulit; – sistem syaraf dan sistem pencernaan; – metabolisme protein dan karbohidrat. Netto : 250gr

ANDA bisa mendapatkan gula semut Wajan Lebak dengan KLIK DI SINI.


Apakah Artikel Ini Bermanfaat? Silakan Berikan DONASI ANDA. Klik Tombol Di Bawah Ini.
donate button

Berita Terkait