Kesehatan

Manfaat Konsumsi Tahu Bagi Kesehatan

Manfaat tahu bagi kesehatan didapatkan dari kandungan nutrisi yang melimpah. Makanan tersebut merupakan sumber protein tinggi, mineral, zat besi, kalsium, vitamin B1 dan mangnesium, tentunya sangat baik untuk tubuh.

Tahu merupakan makanan yang berasal dari kedelai dan sangat lekat dengan orang Indonesia. Hampir setiap hari tahu dikonsumsi dalam berbagai jenis masakan atau camilan.

Tahu dibuat dari endapan susu kedelai yang dikentalkan. Terdapat tiga jenis tahu yang umum dikonsumsi, yaitu tahu padat, tahu lembut, dan tahu sutra.

Ketiga jenis tahu ini memiliki kandungan nutrisi yang serupa, namun untuk kandungan kalorinya berbeda berdasarkan kepadatan tahu.

Makanan ini salah satu makanan yang banyak digemari. Selain mudah didapat, makanan ini mudah diolah jadi pendamping aneka menu.

Mengontrol Berat Badan

Berguna untuk mengontrol berat badan, maka mengonsumsi tahu sangat disarankan. Tahu memiliki kalori yang rendah.

Tahu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, tahu kaya akan nutrisi penting yang dapat membantu menghasilkan energi sehingga dapat menekan nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Mencegah risiko serangan jantung

Tahu memiliki kandungan isoflavone yang bersifat antioksidan sehingga bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah. Tahu juga memiliki kandungan serat yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

Melancarkan pencernaan

Manfaat tahu selanjutnya yaitu bisa melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan tahu mempunyai serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan studi, makanan kaya serat bisa membantu menjaga gerakan usus. Dengan demikian gangguan pencernaan seperti sembelit bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan ini.

Mengurangi gejala menopause

Senyawa fitoestrogen yang ada di tahu juga diketahui bisa mengurangi gejala menopause. Namun manfaat ini tidak bisa dirasakan secara langsung. Membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk merasakan manfaat ini.

Menjaga fungsi kognitif otak

Menjaga fungsi kognitif otak. Kandungan isoflavone yang ada di tahu, memberikan efek positif pada organ otak.

Jurnal Maturitas juga menyebutkan bahwa efek neuroprotektif dari fitoestrogen berpengaruh terhadap kognitif hewan. Namun efektivitas kepada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button