Kesehatan

Mengenal Penyakit Bronkitis Akut Dan Bronkitis Kronis

Penyakit Bronkitis merupakan suatu peradangan pada saluran udara ke paru – paru. Penyakit tersebut biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna.

Bronkitis biasanya terjadi karena infeksi seperti radang tenggorokan, campak dan batuk rejan. Penyakit tersebut disebabkan virus dan bakteri.

Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru – paru serta saluran pernapasan menahun. Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari sinusitis kronis, bronkiektasis, alergi dan pembesaran amandel pada anak – anak.

Penyakit tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu bronchitis kronis dan bronkitiss akut. Keduanya ditentukan berdasarkan durasi gejala yang muncul. Biasanya, bronkitis akut lebih umum terjadi.

Bronkitis akut dikenal sebagai flu pada dada merupakan peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan yang terletak di paru – paru.

Penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang sama pada penyakit flu dan sering kali flu itu menyebabkan bronkitis akut.

Bronkitis kronis, American Lung Association mendefinisikan bronkitis kronis sebagai serangan batuk berdahak yang muncul selama sebagian besar dalam sebulan.

Kondisi tersebut terjadi dua tahun berturut – turut tanpa kondisi mendasar lainnya yang menjelaskan keadaan batuk itu sendiri.

Apabila menderita bronkitis kronis, dapat berpotensi terkena emfisema. Saat seorang terkena keduanya, maka dia bisa dikatakan menderita penyakit paru obstruktif atau PPOK.

Kondisi ini merupakan kondisi jangka panjang yang akan terus berulang – ulang, tapi masih bisa diatas gejalanya, Namun, tetap saja peradangan kronis tidak dapat sembuh sepenuhnya.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button