Menkav 2 Mar Laksanakan Binpotmar Tanam Mangrove

Prajurit Resimen Kavaleri 2 Mar (Menkav 2 Mar) melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar). Pembinaan bersama masyarakat itu menanam pohon mangrove di daerah pesisir pantai Semampir Ujung, Surabaya, Sabtu (11/07/2020).

Kegiatan ini diawali dengan penyiapan bibit tanaman mangrove oleh prajurit Menkav 2 Mar bersama masyarakat. Dilanjutkan penanaman bibit yang dipimpin oleh Pjs Pasintel Danmenkav 2 Mar Letkol Marinir Sutaryanto.

Tujuan pemberdayaan potensi maritim tersebut untuk membina dan membangun wilayah pesisir pantai, pentingnya penanaman mangrove selain untuk penghijauan juga berfungsi sebagai benteng terdepan perkampungan pesisir pantai dari gelombang air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai serta sebagai tempat hidup satwa biota laut.

“Lebih pentingnya lagi bahwa tanaman mangrove dapat memberikan manfaat kehidupan bagi masyarakat yaitu dengan hidupnya biota laut seperti ikan, kerang dan kepiting sehingga dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar”. Tutur Pjs. Pasintel Danmenkav 2 Mar.

Baca:

Komando Pelaksana

Resimen Kavaleri 2/Marinir atau (Menkav 2/Marinir) adalah salah satu Komando Pelaksana (Kolak) dari Pasukan Marinir 2 yang bermarkas di Semarung, Ujung, Surabaya. Kolak ini mempunyai peran penting sebagai satuan tempur baik dalam operasi militer maupun latihan. Khussusnya sebagai unsur satuan pemukul dan pendarat dalam suatu operasi pendaratan.

Tugas Pokok Resimen Kavaleri 2/Marinir, Membina kemampuan dan menyiapkan unsur unsur Kavaleri Korps Marinir guna melaksanakan operasi pendaratan amfibi, operasi pertahanan pantai, operasi tempur dan lainnya. Moto Resimen Kavaleri Marinir adalah (Daya Gerak, Daya Tembak, Daya Kejut dan Daya Amfibi).

Menkav-2 Mar yang merupakan salah satu satuan tempur Korps Marinir yang memiliki beberapa kendaraan tempur. Resimen ini meliputi Batalyon Tankfib-2 Mar yang berkedudukan di Karang Pilang dengan unit tempur BMP 3F, PT 76(M), PT 76, AMX 10 PAC dan Tank Recovery.

Batalyon Ranratfib-1 Mar bertempat di Trian Soepraptono Semarung Ujung Surabaya dengan material tempur BTR 50 P, BTR 50P (M),AMX 10P dan AMX 10P (M) Batalyon Kapa-1 Mar dengan Material Tempur KAPA 61 dan PTS. (Kap. Kukuh / Menkav 2 Mar)

Next Post

Amfibi Kasrat Diklaim Sebagai Tercepat di Asia, Hasil Upgrade Dislitbangal

Sab Jul 11 , 2020
Kendaraan amfibi bernama KASRAT yang dikembangkan Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Dislitbangal) akan masuk tahap uji coba long range navigation. Kendaraan amfibi Serbaguna Pendarat (Kasrat) diklaim sebagai kendaraan amfibi tercepat di Asia. Pencetus sekaligus pemimpin proyek pengembangan Kasrat ini adalah Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Danmenbanpur 2 Mar) […]
kasrat tercepat asia