Pemerintahan

Menteri PUPR Dapat Bantuan 141 Ribu Bibit Pohon Untuk IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima bantuan sumbangan 141.400 bibit tanaman dari tanaman dari 65 jenis tanaman dan 17 ribu rumput vetiver untuk penghijauan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bantuan bibit tanaman tersebut dari Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), Menteri Basuki juga berharap bantuan itu bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan, dan memperhatikan estetika pada pembangunan IKN.

Melansir dari pu.go.id, Rabu (23/11/2022), bibit tanaman diserahkan oleh Ketua PPAD Letjen TNI (Purn) Doni Monardo kepada Menteri Basuki di Kebun Bibit, Cibubur, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

“Ini merupakan anugerah bagi Kementerian PUPR yang diberikan tugas membangun prasarana di IKN,” kata Menteri Basuki.

Untuk itu, masih kata Menteri Basuki sangat berterima kasih kepada PPAD dan kerja sama antara Kementerian PUPR, Badan Otorita IKN dan PPAD akan dilaporkan kepada Presiden dalam rangka keberlanjutan lingkungan pembangunan IKN.

Menurut dia, kerja sama dengan PPAD dalam pembangunan IKN akan terus berlanjut usai penyerahan bantuan bibit tanaman tersebut.

“Bantuan bibit tanaman ini suatu sumbangan yang sangat luar biasa,” katanya.

“Kerja sama ini tidak akan putus setelah kita dapat tanaman, tapi pasti akan kita libatkan terus karena menanam pohon harus dilakukan ahlinya, tadi ada ahli dari Institut Pertanian Bogor yang dilibatkan,” tambahnya.

Dikatakan Menteri Basuki, Pemerintah telah merencanakan penanaman pohon di IKN karena selama ini kawasan hutan tersebut merupakan tanaman industri yang monokultur atau homogeny.

“Seperti yang disampaikan dalam urban design IKN, sebanyak 75 persen diperuntukan untuk ruang terbuka hijau, penghijauan juga dilakukan di seluruh pembangunan infrastruktur termasuk sepanjang jalan yang dibangun,” ujarnya.

Salah satu upaya untuk mewujudkan cita – cita tersebut, menurut Menteri Basuki bisa dilihat dari adanya pembangunan awal berupa pusat persemaian Mentawir di Bukit Bangkiran yang nantinya akan memproduksi sekitar 15 – 20 juta bibit pohon.

Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn) Doni Monardo juga mengatakan, penyerahan bibit tanaman ini bertujuan untuk menghijaukan IKN.

“Untuk kepentingan negara kita dalam rangka menghijaukan IKN dan program ini juga dibantu sejumlah kalangan termasuk TNI, termasuk masyarakat yang berdomisili di Jatikarya,” tutupnya.

(*/Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button