KesehatanNews

Viral, Bayi 11 Bulan Alami Bronkitis Usai Terpapar Asap Rokok

Video viral bayi 11 bulan mengalami Bronkitis karena terpapar asap rokok dari Ayahnya. Melalui video yang diunggah di TikTok dengan akun @telormcd, Minggu (11/9/2022).

Video viral bayi tersebut sudah ditonton oleh 3,3 juta pengguna dan menjadi perbincangan hangat di media sosial.

“WASPADA, buat para suami perokok, Anak aku awalnya demam, batuk dan pilek. Namun, ketika dicek ternyata anakku mengidap bronchitis,”tulis Maihan.

Dia bercerita bahwa putrinya, Noa, mengalami gejala batuk, pilek dan demam ringan.

Layaknya seperti flu biasa, Maihan masih menganggap hal itu baik – baik saja dan akan sembuh dalam waktu singkat.

Namun, lambat laun gejala tersebut semakin parah dan konsisten hingga membuat putrinya sulit untuk tidur.

“Awal gejalanya hanya batuk, terus setiap batuk kenceng banget. Sampai Noa ada di fase ingin tidur, langsung kebangun karena batuknya lalu muntah dan itu berulang dua kali. Akhirnya tidur mulai tidak nyaman,” ungkapnya.

Kedua orang tua Noa, semakin khawatir dengan kondisi anaknya, Maihan membawa putrinya ke Uni Gawat Darurat (UGD) terdekat.

Dengan tanggap, tenaga medis membantu dan memberikan penanganan emergensi dan pemberian uap untuk melegakkan pernapasannya.

Kemudian, setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis, Noa divonis penyakit bronchitis. Maihan merasa terpukul mendengar kaabar dari dokter mengingat putrinya masih bayi dan baru berulang tahun ke 1.

“Noa, usianya masih satu tahun. Tanggal 9 September kemarin dua ulang tahun ke 1, jadi pas didiagnosa dia masih 11 bulan, jalan ke satu tahun.”ujar Maihan.

Maihan menjelaskan selain perokok, ada faktor pendukung lain sehingga anaknya terkena penyakit gangguan pernapasan, yaitu genetik.

“Sebetulnya ada faktor lain juga, salah satunya faktor genetik. Jadi, papanya Noa punya alergi sama suhu dingin kaya sinus. Kalau di udara terlalu dingin atau AC pasti hidungnya sakit. Ada kemungkinan faktor genetic itu kata dokter,” ungkapnya.

Dokter memberikan pengobatan medis secara rutin, seperti uap, obat tetes hidung, obat batuk – pilek dan antibiotic untuk menghilangkan lendir dan mempermudah saluran pernapasannya.

“Untuk semua suami perokok, termasuk suami aku jangan sampai ada kata menyesal di akhir nanti. Kalau sudah kejadian, kedepannya harus jadi orang yang lebih baik untuk keluarga, bukan soal finansial, tapi jadi kepribadian yang lebih baik dengan tidak menyakiti anak secara tidak langsung dengan merokok,”jelasnya.

(Editor: Abdul Hadi)

@telormcd

@telormcd

kalau yg udah punya anak, yuk egonya minggir sebentar buat ga ngerokok daripada gabisa gendong anak⚠️

♬ original sound – Samantha Benwick 🇵🇭 – Sam Benwick 🇵🇭

SELENGKAPNYA
Back to top button