Gadget

Hp Terbaru, Redmi A1 Miliki Prosesor Tangguh Harga Murah

Hp terbaru dari Xiaomi memastikan bahwa ponsel Android Go buatannya, Redmi A1 akan segera masuk ke pasar Indonesia. Hp terbaru tersebut dipastikan meluncur di Tanah Air pada 28 Oktober 2022 mendatang.

Sistem operasi Redmi A1 tidak akan dipoles dengan antarmuka MIUI. Namun, hadir dengan OS Android Stock, Redmi A1 diperkenalkan secara global pada awal September lalu.

Sementara Android GO merupakan OS yang lebih ringan dibanding Android biasa. Sehingga aplikasi yang dimiliki perangkat merupakan aplikasi – aplikasi ringan sumber daya. Misalnya, Google Go, Google Maps Go, Youtube Go dan sebagainya.

Kabar mengenai kehadiran ponsel Xiaomi Redmi A1 di Indonesia sudah terdengar sejak Agustus lalu.

Perangkat ini muncul di lama Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian dengan nilai sebesar 40,30 persen.

Xiaomi Redmi A1 sebelumnya sudah dirilis secara global di India. Spesifikasi yang dihadirkan oleh ponsel tersebut versi India dan Indonesia biasanya tidak jauh berbeda.

Redmi A1 di India memiliki layar HD+ seluas 6,52 inchi. Layar tersebut memiliki aspect ratio 20:9 dan sudah disertai fitur pencahayaan saat malam hari.

Bagian depannya dihiasi oleh notch menyerupai tetesan air sebagai rumah dari kamera selfie 5 MP.

Kamera tersebut terdiri dari kamera utama 8 MP dan disertai lensa Artificial Intelligence. Kedua sensor tersebut kompak ditemani oleh lampu kilat LED.

Pada bagian belakang ponsel menggunakan bahan bertesktur kulit. Adapun di sisi kiri atas bagian belakang terdapat dua sensor kamera yang ditempatkan dalam sebuah modul.

Untuk menunjang performanya, Ponsel tersebut ditenagai oleh chipset besutan Mediatek, Helio A22, yang menawarkan CPU dengan kecepatan 2.0 GHz.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR4X 2 GB atau 3GB dan memiliki memori internal 32 GB.

Terdapat slot microSD untuk memperluas penyimpanan media bisa dilakukan hingga 1 TB. Tidak hanya itu, perangkat ini juga mendukung fitur peluasan RAM hingga 5GB.

Xiaomi Redmi A1 menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAH dengan pengisian daya cepat atau Fast Charging 10 watt. Pengisian daya dapat dilakukan melalui port micro-USB.

Fitur pendukung lainnya perangkat mendukung jaringan 4G, Wi-Fi, Bluetooth 5.9, FM Radio, Dual SIM dan jack audio 3,5 mm.

Di pasar India, Ponsel ini dijual dengan harga 6.499 rupee atau sekitar Rp 1,2 juta. Namun, belum ada informasi mengenai harga resmi di Indonesia.

(Editor: Abdul Hadi)

Abdul Hadi

Back to top button