Gaya Hidup

Hati – Hati Dampak Buruk Makan Petai Terlalu Banyak

Tampaknya sudah menjadi rahasia umum, jika tanaman petai merupakan salah satu jenis polong – polongan, memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh.

Mengonsumsi petai tidak boleh berlebihan karena baunya menyengat dan membawa dampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Demi menjaga hal tersebut, maka sebaiknya konsumsi petai secukupnya saja. Sebab jika berlebihan dapat menimbulkan beberapa risiko penyakit yang cukup serius.

Petai tak pernah sepi dari penggemarnya. Entah dijadikan bahan tambahan dalam hidangan atau dijadikan lalapan.

Selain banyak penggemarnya, petai juga terkenal dengan khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan yang dimiliki petai seperti protein, fosfor, vitamin A dan zat besi.

Salah satu manfaatnya yaitu kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah timbulnya penyakit hipertensi hingga diabetes.

Untuk membahas lebih dalam mengenai efek samping konsumsi petai tersebut, MediaBanten.com telah melansir dari beberapa sumber.

Apa saja dampak buruk konsumsi petai berlebihan, mungkin akan berguna untuk para penggemar petai.

Menyebabkan bau mulut tidak sedap

Petai bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, hal ini bukan rahasia umum lagi. Bahkan orang yang enggang mengonsumsi petai dikarenakan aroma khas petai bisa hingga cukup lama di mulut dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Menyebabkan sakit perut

Konsumsi petai yang berlebihan bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Bahkan bagi yang biasa mengonsumsi petai mentah, bisa berisiko menimbulkan perut sakit, karena adana bakteri yang hinggap di petai mentah tersebut.

Menyebabkan sakit kepala

Timbulnya rasa sakit kepala bisa disebabkan karena efek samping konsumsi petai berlebihan.

Hal ini juga cukup penting untuk dihindari, jika sudah timbul rasa tersebut, bisa menyebabkan rasa mual dan muntah.

Kadar asam urat meningkat

Dampak buruk konsumsi petai berlebihan berikutnya adalah kadar asam urat meningkat. Di dalam petai sendiri terdapat kandungan zat purin.

Adanya kandungan dari zat purin tersebut yang sebenarnya menjadi sumber penyebab timbulnya kadar asam urat dalam tubuh dapat meningkat.

Jika kadar asam urat di dalam tubuh sudah terlampau tinggi, maka efek samping yang dirasakan antara lain seperti mengalami nyeri sendi serta keluhan khas asam urat lainnya.

Bagi beberapa orang yang memang memiliki riwayat penyakit nyeri sendi, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi petai secara berlebihan.

(Dari Berbagai Sumber / Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button