Pemerintahan

Kemendagri Zudan Arif Raih Penghargaan Honorable Mention

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh kembali mendapatkan penghargaan dari lembaga Internasional.

Pria kelahiran asal Sleman tersebut, mendapatkan Honorable Mention dari Future of Government Awards.

Future of Governments merupakan penghargaan Internasional yang digelar oleh AWS Institute, United Nation Development Program (UNDP), dan Apolotical untuk tokoh pemerintah yang berhasil melakukan tranformasi digital dalam pemerintah dan pelayanan publik dan berdampak positif nyata bagi masyarakat.

Nominasi penghargaan ini dievaluasi oleh komite yang terdiri dari 17 ahli di bidang teknologi digital.

Kemudian organisasi internasional dan pemerintahan dari berbagai negara, yakni Singapura, Italia, Amerika Serikat (AS), Britania Raya, dan lainnya.

Mengutip dari Futureofgovernment.com, Senin (28/11/2022), hanya ada 10 kandidat yang terpilih masuk dalam shortlist penghargaan yang dipilih dari seluruh nominal yang berasal dari seluruh dunia.

Selain Zudan, ada nama – nama Mykhailo Fedorov (Ministry of Digital Transformation, Ukraina), Dedeh Suatini (West Java Teachers Association, Indonesia).

Selain itu, City of Cape Town Data Strategy Team (Afrika Selatan), Goffrey Tore, Maria Lucia Villaiba.

Kemendagri Zudan berhasil mendapatkan Honorable Mention dalam kategori “Digital Innovator of the Year”.

Penghargaan tersebut berkat keberhasilannya mempelopori transformasi digital di Dukcapil, sejak dirinya menjadi Direktur Jenderal pada 2015.

Zudan juga diketahui menginisiasi program Dukcapil Go Digital yang berfokus pada 14 inistiatif seperti memodernisasi Kartu Keluarga, dan dokumen kependudukan lainnya.

Hal itu dengan pembubuhan kode QR, penggunaan Tanda Tangan Elektronik di dalam organisasi Dukcapil.

Untuk pemproses dokumen kependudukan, serta mendorong pemanfaatan data kependudukan untuk pelayanan sektor publik dan swasta yang lebih aman dan terpercaya.

Saat ini, sudah lebih dari 5.300 lembaga yang memiliki perjanjian kerja sama dengan Dukcapil untuk memanfaatkan data kependudukan.

Pada awalnya hanya 40 lembaga yang kerja sama. Saat ini sudah lebih dari 7 miliar verifikasi telah difasilitasi.

Zudan juga terus menunjukkan kepemimpinan yang inovatif dan inspiratif sampai saat ini, dan pencapaian yang signifikan untuk mendorong kemajuan dalam bidang identitas penduduk Indonesia.

Mampu menggerakan 514 Kabupaten dan Kota di 38 Provinsi secara siginifkan dengan kepemimpinan yang kuat dan semangat kolaboratif yang tinggi.

(*/Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button