Keuangan

Lagi Bank Banten Gelar RUPSLB, Virgojanti Jadi Komisaris Perwakilan

Bank Banten (PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk) kembali merombak jajaran komisaris dan direksi melalui rapat umum pemegang saham luar biasa atau RUPSLB Banten Banten tahun 2023 di Ball Room Hotel Trembesi, Tangerang Selatan, Rabu (25/1/2023).

Rilis dari Bank Banten yang diterima MediaBanten.Com menyebutkan hasil RUPSLB itu adalah Dewan Komisaris terdiri dari Hoiruddin Hasibuan (Komisaris Utama), Deden Riki Hayatul Firman (Komisaris Independen) dan Virgojanti (Komisaris Perwakilan).

Sedangkan jajaran direksi terdiri dari Muhammad Buthami (Direktur Utama), Eko Virgianto (Direktur Kepatuhan, Bambang Widyatmoko (Direktur Operasional dan Transformasi) dan Rodi Judo Dahono (Direktur Bisnis).

RUPSLB Bank Banten ini dihadiri M Yusuf (Asda II Pemporov Banten) dan jajarannya, Muhammad Faizal (Ketua Komisi III DPRD Banten), Agus Hartanto (Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten) dan dewan komisaris serta direksi PT Banten Global Development (BGD) sebagai pemgang saham pengendali perseorang.

RUPSLB kali menetapkan perubahan anggaran dasar perseoran dan penetapan susunan anggota dewan komisaris dan dewan direksi yang baru.

Komisaris Utama Bank Banten, Muhammad Busthami mengungkapkan, agenda yagn ditetapkan itu akan menjadi fondasi yang kokoh bagi Bank Banten untuk memperbaiki kinerja, meningkatkan produktivitas dan memenangkan persaingan perbankan.

Pada akhirnya hal tersebut akan mewujudkan Bank Banten menjadi roda penggerak utama pembangunan ekonomi di Provinsi Banten.

Saat ini Bank Banten terus membangun kepercayaan publik dengan meningkatkan performa bisnis dan pelayanan perbankan.

Pelayanan itu mengedepankan prinsip kehati-hatian (prudential banking principle) agar selalu dalam kondisi sehat, likuid dan solvent untuk melayani seluruh kebutuhan transaksi dan layanan perbankan bagi masyarakat.

Bank Banten telah meluncurkan layanan mobile banking bernama Jawara Mobile, yang merupakan salah satu dari rencana transformasi layanan digital, di samping beberapa pengembangan layanan digital lainnya yang sedang dilakukan, seperti internet banking for business dan cash management system.

Perseroan sangat memperhatikan penerapan tata kelola yang baik berupa kelengkapan komposisi anggota direksi dan anggota dewan komisaris untuk mencapai kinerja perseroan yang lebih baik.

Susunan anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi Perseroan terhitung sejak terpenuhinya semua syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Banten yang digelar di Hotel Horizon Ultima Ratu, Kota Serang, Jumat (2/11/2022) memutuskan memberhentikan 2 komisaris dan 3 direktur (Baca: RUPSLB Bank Banten: Berhentikan 3 Direktur dan 2 Komisaris).

Demikian dikemukakan M Yusuf, Komisaris Bank Banten kepada wartawan dalam pulbic expose usai digelarnya RUPSLB tersebut.

Untuk kepentingan operasional bank, RUPSLB menyisakan komisaris M Yusuf (PNS Pemprov Banten) serta Direktur Operasional dan Transformasi, Denny Sorimulia Karim. Namun belum jelas, apakah keduanya bersifat tetap atau hanya caretaker.

Jajaran direksi yang diberhentikan adalah Direktur Utama Agus Syabarudin, Direktur Bisnis Tj Tasdik dan Direktur Kepatuhan Kemal Idris. Sedangkan jajaran komisaris Komisaris Utama Hasanudin dan Komisaris Independen Media Warman yang habis masa tugasnya. (INR)

Editor: Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button