EdukasiMozaik

SMA Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Mubaligh Hijrah Selama Ramadan

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta atau dikenal sebut SMA Muhi Yogyakarta mengadakan kegiatan selama bulan Ramadan bertajuk Mubaligh Hijrah (MH) pada 1-14 April.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk melatih siswa dalam melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar, melatih siswa untuk menjadi kader persyarikatan yang unggul, dan menjalin ukhuwah Islamiyah dengan takmir, PRM dan PCM.

Kegiatan Mubaligh Hijrah (MH) merupakan salah satu kegiatan unggulan SMA Muhi Yogyakarta yang dilaksanakan pada setiap bulan Ramadan.

Selama pandemi Covid 19, MH dilaksanakan di masjid, mushola, PRM, dan PCM di sekitar lokasi tempat tinggal anak-anak peserta MH yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Khusus siswa yang berada di Kota Yogyakarta, pelaksanaan Mubaligh Hijrah salah satunya dipusatkan di Masjid Al Husna, Badran, Jetis, Yogyakarta.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Herynugroho menyampaikan, kegiatan MH ini diharapkan menambah pengalaman dan ketrampilan peserta didik di kemudian hari.

“Insya Allah setelah mengikuti kegiatan MH ini, anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa sebagai bekal di kemudian hari,” kata Kepsek SMA Muhi.

Pengalaman itu antara lain dapat menunjukkan kemampuan melakukan syiar dakwah agama Islam, perilaku tangguh dan bertanggung jawab dalam aktivitas di masyarakat.

Juga keterampilan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, keterampilan berkolaborasi dengan teman satu kelompok MH maupun dengan masyarakat, keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah serta memiliki kreativitas dan inovasi untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Sedangkan Pembimbing Kegiatan MH, Helmi Kurniawan mengucapkan terima kasih atas kesediaan pengurus masjid, PRM dan PCM di berbagai wilayah yang telah memberikan kesempatan untuk peserta didik dari SMA Muhi menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kami selaku pembimbing menghaturkan ucapan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua pihak dan seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan ruang dan waktu bagi kami dari SMA Muhi untuk bisa menyelenggarakan kegiatan MH. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membuahkan manfaat dan maslahat bagi kita semuanya,” ujarnya.

Kharismawan Lutfi Nugroho mewakili PCM Badran Kota Yogyakarta turut mengapreasisi kegiatan MH ini.

“Kami atas nama PRM Badran Cabang Jetis Kota Yogyakarta mengucapkan terimakasih atas hadirnya Mubaligh Hijrah SMA Muhi, ini merupakan kali pertama kami mendapatkan kesempatan yang baik berbagi pengalaman dengan para siswa,” katanya.

Hadirnya MH SMA Muhi memberikan warna baru bagi warga dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadan. Menghadirkan dakwah dgn kemasan kekinian dan menggembirakan.

“Semoga SMA Muhi semakin maju dan menjadi pilihan masyarakat dalam menitipkan putra putri nya menjadi calon kader Muhammadiyah dan pemimpin bangsa,” katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan MH ini, dilangsungkan beberapa kegiatan meliputi sosialisasi ke pengurus masjid, tadarusan, TPA online atau offline sesuai kebijakan masing-masing wilayah, Membuat lomba-lomba di TPA, Mengerakkan PRM dan PCM untuk mengadakan Nuzulul Quran atau kegiatan lainnya. (Yusron Ardi Darmawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button