Peristiwa

Walikota Serang Lepas Bantuan Logistik Korban Gempa Cianjur

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang mengirim bantuan logistik baik sembako maupun uang tunai untuk membantu beberapa korban gempa Cianjur, Jawa Barat berkekuatan 5,6 M.

Bantuan tersebut dilepas secara langsung oleh Walikota Serang, Syafrudin di halaman Puspemkot Serang, Rabu (23/11/2022).

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, bantuan tersebut berupa uang tunai dan sembako yang dikirim untuk membantu para korban bencana gempa bumi.

“Bantuan ini berupa nilai rupiah, kemudian banyak sembako dan selimut, atau alat lain yang semoga bermanfaat untuk korban gempa Cianjur,” ungkap Walikota Serang Syafrudin usai melepas BPBD Kota Serang.

“Adapun untuk prosesnya nanti diterima oleh BPBD Cianjur dan Perintah Kabupaten Cianjur. Jadi tidak langsung diberikan kepada para korban jadi melalui BPBD Cianjur sudah mengkoordinir,” lanjutnya.

Kata Syafrudin, bantuan yang dikirim pada hari ini hanya berupa bantuan berupa logistik saja, tidak dengan bantuan personel untuk membantu penanganan paska gempa bumi Cianjur.

Namun, sebelumnya Tim BPBD Kota Serang sudah mengirimkan personel untuk diperbantukan di lokasi peristiwa gempa tersebut. “Pengiriman personel dilakukan pada hari Senin kemarin,” paparnya.

Sebelumnya, penanganan paska bencana gempa Cianjur berskala 5,6 M kini difokuskan pada orang yang masih dinyatakan hilang yang jumlahnya 151 orang. Hingga Selasa malam (22/11/2022), BNPB mencatat 268 orang meninggal dunia (Baca: Korban Tewas Gempa Cianjur 268 Orang, Fokus Cari Orang Hilang).

Dari jumlah 268 orang itu, sudah teridentifikasi sebanyak 122 jenazah. Jumlah luka 1.083 orang dan jumlah pengungsi mencapai 58.362 orang.

“Fokus tanggap darurat dalam 3 kali 24 jam pertama adalah pencarian dan penyelamatan warga terdampak, termasuk orang yang masih dinyatakan hilang,” kata Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Kantor Bupati Cianjur, Rabu (23/11/2022).

Katanya, berjalan paralel, sudah tergelar 14 lokasi pengungsian dengan fasilitas dapur umum, tenaga medis dan logistik yang memadai dan terus disempurnakan.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin seluruh korban ditemukan,” kata Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) dalam rilisnya, dikutip MediaBanten.Com,

Suharyanto meminta agar masyarakat yang peduli dan memberikan bantuan maupun tenaga paska bencana agar tetap dibawah koordinasi dan pengelolaan Posko yang didirikan.

(Aden Hasanudin / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button