Pemerintahan

Bupati Serang: 144 Kades Lakukan Konsolidasi Rakyat Yang Terpecah

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta 144 kepala desa yang dilantik segera melakukan konsolidasi semua elemen masyarakat yang sempat terpecah belah akibat beda pilihan dalam Pilkades Serentak.

Sikap Kades yang merangkul semua elemen itu bertujuan agar pembangunan di desa lancar, tidak terhambat akibat buntut Pilkades.

Demikian disampaikan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dalam pelantikan 144 kepala desa se-Kabupaten Serang yang terpilih di Pilkades Serentak. Pelantikan berangsung di Lapangan Pendopo Pemkab Serang, Senin (22/11/2021).

“Karena bagaimanapun masyarakat itu kan sempat terpecah, jadi harus konsolidasi atau merangkul lagi yang kemarin berbeda pilihan biar pembangunan desa lancar,” Ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Tatu mengatakan, para kepala desa ditekankan untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) selambat-lambatnya dalam kurun waktu tiga bulan terhitung sejak dilantik guna mempercepat proses pembangunan desa.

“Yang terpenting lagi soal RPJMD, karena hanya diberi waktu tiga bulan mereka harus langsung menyiapkan karena itu acuan untuk membangun Desa,” kata Tatu.

Baca Juga:   Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Diundur Lagi

Lanjut Tatu, untuk pergantian perangkat desa, para kepala desa ditekankan jangan langsung ambisius melakukan pergantian perangkat desa yang baru dikarenakan nantinya akan menghambat tata kelola pemerintahan desa.

“Tidak boleh diganti serta merta, karena ini ada aturannya. Karena perangkat desa ini juga hasil dilatih oleh kami melalui DPMD. Jadi kalau langsung digantikan yang baru mereka belum punya kemampuan,” imbuhnya. (Reporter: M Uqel / Editor: Iman NR)

M Uqel

SELENGKAPNYA
Back to top button