Politik

Hari Kelima, Timsel Bawaslu Banten Terima 42 Berkas Pendaftaran

Hingga hari kelima, Selasa (28/6/2022), Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Banten menerima 42 berkas pendaftaran dari bakal calon (Balon) melalui pos kilat khusus, jasa kurir dan diantar sendiri ke kantor.

“Kami menerima 42 berkas pendaftaran. Berkas itu diantar langsung ke kantor Timsel sebanyak 38 berkas dan 4 melalui jasa kurir,” kata Usep Saepul Ahyar, Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Banten.

Para pendaftar itu terdiri dari 34 orang lelaki dan 8 pendaftar prempuan. “Pendaftar memang masih didominasi oleh pendaftar laki-laki,” katanya.

Usep mengemukakan, pendaftar perempuan baru mencapai 19-an persen. Padahal keterwakilan perempuan dipersyaratkan 30 persen.

“Ini masih ada waktu 2 hari lagi untuk pendaftaran. Semoga keterwakilan perempuan bisa terpenuhi,” katanya.

Anggota Timsel Dena Widyawan menyampaikan bahwa saat ini Timsel terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk menjaring Bakal Calon Anggota Bawaslu Provinsi Banten.

“Sosialisasi terus kami lakukan diantaranya melalui pemanfaatan media sosial Bawaslu Banten, website, kerjasama dengan media melalui pemasangan iklan pengumuman, serta bersilaturahmi langsung ke beberapa kantor media di Banten,” ujarnya.

Dia mengajak warga Banten yang memiliki integritas dan memenuhi persyasratan untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon anggota Bawaslu Banten. “Ada waktu 2 hari sebelum ditutup,” katanya.

“Kami berharap warga untuk terlibat sebagai penyelenggara Pemilu dalam menentukan calon pemimpin terbaik dimasa depan” katanya.

Sebelunya, hingga Rabu sore (22/6/2022), Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Banten periode 2022 – 2027 sudah menerima 3 berkas pendaftaran. Ketiga berkas itu melalui pos 2 berkas dan diantar langsung ke Kantor Bawaslu sebanyak 1 berkas (Baca: Hari Pertama Dibuka, Timsel Bawaslu Banten Terima 3 Pendaftar).

Demikian dikemukakan Usep S Ahyar, Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu saat berkunjung bersama sekertarisnya, Muslich ke Kantor Lingkar Media Network (LMN) di Mayabon, Kota Serang, Rabu (22/6/2022).

“Pengumuman pendaftaran bakal calon anggota Bawaslu sudah kami laksanakan dari tanggal 13 – 21 Juni. Mulai hari ini, tanggal 22 Juni hingga 30 Juni penerimaan pendaftaran. Hari pertama ini sudah ada 3 berkas yang masuk,” kata Usep.

Dia mengatakan, Timsel Balon Bawaslu Banten berkerja selama 3 bulan diawali Rapat Pembekalan Tim Seleksi dan Sekretariat Tim Seleksi Rekrutmen Bawaslu Provinsi, pada tanggal 7 – 9 Juni 2022.

Kemudian pengumuman pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran hingga 30 Juni 2022. Jika pendftar kurang dari 8 kali jumlah anggota Bawaslu yang dibutuhkan, maka Timsel akan memperpanjang waktu pendaftaran selama 4 hari kerja.

Katanya, dalam bekerja, Timsel akan mengedepankan kerja-kerja professional, independen dengan mengedepankan nilai-nilai integritas, keterbukaan, partisipasif, akuntabel dan kerjasama. (*/ Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button