Kabar Gembira, Akhir Februari Dilantik Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

Kabar gembira berhembus dari Pemprov Banten. Pelantikan Kepala Daerah terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 di Provinsi Banten akan dilaksanakan pada akhir Februari.

Tahap pertama, akan dilantik Kepala Daerah terpilih Kabupaten Serang dan Kota Cilegon. Tahap kedua, Kepala Daerah terpilih Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Pandeglang.

Di Provinsi Banten sendiri terdapat 4 wilayah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020, yakni Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang.

Untuk Akhir Masa Jabatan (AMJ) 17 Februari 2021 akan dilaksanakan pelantikan pada 25-27 Februari 2021.

Baca:

“Pelantikan dilaksanakan secara virtual oleh Gubernur. Adapun yang akan dilantik berada di Kabupaten/Kota masing-masing,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Banten Septo Kalnadi, Selasa (15/2/2021).

Pernyataan Septo itu dalam telekonferensi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia dengan Pemerintah Daerah Yang Telah Melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020, Senin (15/2/2021).

Dikatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan akan ditunjuk Pelaksana Harian (PLH) Bupati/Walikota sesuai ketentuan.

“Dilakukan serah terima jabatan atau penyerahan memori jabatan dari Bupari dan Walikota yang habis masa jabatannya kepada Pelaksana Harian. Hal itu akan dilakukan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan,” tambah Septo.

Menurut Septo, terkait dengan pelaksanaan teknis pelantikan, Kemendagri akan mengirimkan surat lanjutan.

“Teknis lebih lanjut, Kemendagri akan mengirimkan surat terkait langkah pelaksanaan pelantikan dan lain-lainnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim berencana mengangkat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang dan Sekretaris Kota (Sekot) Cilegon bakal jadi pejabat pelaksana harian (Plh) kepala daerah masing-masing.

Pengangkat Plh mengacu pada surat Kementerian Dalam Negeri Nomor : 120/738/OTDA.

Alasan pengangkatan pelaksana harian Bupati Serang dan Walikota Cilegon untuk kesinambungan pemerintahan, sehubungan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Serang serta Walikota dan Wakil Walikota Cilegon pada 17 Februari 2021.

Sedangkan Bupati – Wakil Bupati Serang dan Walikota – Wakil Walikota Cilegon yang terpilih dalam Pilkada Serentak tahun 2020 belum dapat dilantik.

Dalam surat yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik atas nama Menteri Dalam Negeri tanggal 3 Februari 2021, juga disebutkan bahwa masa tugas pelaksana harian hingga pengangkatan Penjabat Bupati dan Walikota atau Bupati dan Walikota terpilih. (Rilis Biro Adpim Pemprov Banten / IN Rosyadi)

Berita Terkait