Gaya Hidup

Mengenal Podcast Dan Eksistensi Podcast Dimata Khalayak

Podcast menjadi salah satu trend di masyarakat Indonesia. Banyak dari konten kreator hingga influencer membuat sebuah konten dengan berbasis siaran radio.

Para penonton merasa tertarik dengan adanya konten tersebut. Karena terdapat sebuah proses diskusi menarik yang disajikan secara santai.

Hal ini, merupakan salah satu media konten yang banyak mendapatkan perhatian publik. Hal tersebut, terkesan lebih fleksibel dan intens apabila dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.

Konten tersebut pertama kali diajukan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, tahun 2004. Kata podcast sendiri memiliki arti kepanjangan yakni, Play On Demand dan broadcast.

Kemudian, akhirnya diambil oleh salah satu produk Apple, iPod hingga aplikasi Apple Podcasts.

Setelah itu, Apple mengeluarkan sebuah fitur podcast tahun 2005. Sekitar satu tahun sejak Apple merilis fitur tersebut, siaran audio telah mulai berdatangan dari berbagai jaringan radio.

Misalnya, CBC Radio One, NPR, BBC dan sebagainya. Saat ini, tak hanya media penyiaran besar saja yang dapat membawakan podcast, namun, semua orang bisa menjadi salah satu yang membawakan podcast.

Hal tersebut merupakan sebuah hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet.

Beda halnya dengan radio yang wajib dilakukan dan dibawakan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Sedangkan podcast bisa diimplementasikan secara fleksibel.

Sehingga pendengar bisa mendengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Untuk mendengarkan konten tersebut bisa memakai aplikasi pihak ketiga atau yang biasa dikenal dengan nama Anchor dan bisa juga mendengarkan di kanal YouTube Banten Podcast.

Karena sifatnya yang on demand, menjadikan konten tersebut sangat disenangi oleh pengguna internet saat ini ketimbang mendengarkan siaran dari radio yang mempunyai keterbatasan dalam mengakses, frekuensi dan waktu.

Manfaat dari Play On Demand, ketika seseorang merasa bosan saat sedang menunggu kendaraan umum maupun saat tengah dalam perjalanan.

Tentunya, seseorang pasti bingung untuk mengatasinya guna memanfaatkan waktu senggang tersebut, oleh karena itu, mereka dapat menggunakan waktu luang itu dengan cara mendengarkan podcast.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button