Saat Daftar, Calon Bupati Pandeglang Lampirkan Hasil Tes Swab Covid

KPU Pandeglang meminta calon bupati dan wakil bupati yang daftar melampirkan hasil tes swab Covid 19. Jika ternyata positif, calon diizinkan untuk tidak hadir saat pendaftaran.

“Jadi saat daftar jadi calon harus ada surat tes PCR swab, nanti kalau PCR positif calon boleh tidak hadir, kalau negatif wajib hadir,” kata Komisioner KPU Pandeglang Ahmadi, Kamis (3/9/2020).

Jika calon tak melampirkan hasil tes, selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan. Termasuk tes corona pada 8-9 September di RSUD Berkah. Tapi, disarankan oleh KPU agar saat pendaftaran para calon sudah melakukan tes.

Berdasarkan PKPU, saat pendaftaran calon di masa pandemi ini juga dibatasi. Hanya calon, dan wakil dari partai yang boleh masuk ke kantor KPU untuk menghindari adanya potensi penyebaran virus. “Perwakilan parpol seperti ketua dan sekretaris dan LO-nya (liaison officer),” ujar Ahmadi.

Baca:

Jika calon ini membawa pendukung, maka mereka wajib menggunakan masker dan protokol kesehatan. Pihak KPU dan kepolisian akan melakukan pengecekan kesehatan dan penggunaan masker.

Pasangan yang sudah memberi tahu ke KPU untuk mendaftar adalah pasangan Irna Narulita-Tanto Arban. Pasangan yang didukung PDIP, NasDem, Golkar, PKS, PAN, Demokrat, dan PBB mendaftar pada Sabtu (5/9/2020) pukul 13.00 WIB.

Sedangkan pasangan Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamamy yang didukung PKB dan PPP belum menyampaikan waktu pendaftaran ke KPU Pandeglang.

Sebelumya, tahapan Pilkada serentak akan dimulai dalam hitungan hari. Pendaftaran akan dibuka tanggal 4 hingga 06 September 2020. Khusus di hari terakhir, pendaftaran ditutup pukul 24.00 Wib dini hari (Baca: Pendaftaran Calon Pilkada Serentak di Banten 4-6 September)

Seluruh pasangan calon (Paslon) wajib menjalani test PCR untuk mematikan bebas dari covid-19. Hasilnya kemudian diserahkan ke KPU kabupaten dan kota yang melaksanakan Pilkada serentak.

“Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, Bapaslon wajib PCR secara mandiri. Sementara untuk pemeriksaan kesehatan Bapaslon, lokasinya di RS milik pemerintah yang ditunjuk KPU di masing-masing kabupaten kota (yang melaksanakan pilkada),” kata Komisioner KPU Banten, Eka Satialaksmana melalui pesan singkatnya, Senin (31/08/2020).

KPU kabupaten dan kota yang melaksanakan pilkada, kini tengah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk ikut serta selama proses pendaftaran dan tahapan pilkada. Ada empat daerah di Banten yang melaksanakan pilkada, yakni Kota Tangsel, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kota Cilegon. (Rivai Ikhfa)

Berita Terkait