Kesehatan

Sebanyak 6.000 Penyandang Disabilitas di Kab Serang Akan Divaksin

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang mencatat 6.000 penyandang disabilitas yang menjadi sasaran vaksinasi. Vaksinasi itu dimulai sejak Senin (9/8/2021).

Vaksinasi bagi disabilitas mulai Senin kemarin. Sebanyak 6 ribu lebih bagi disabilitas yang akan kami vaksin,”ujar Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi dalam rilis Diskominfosatik Kabupaten Serang, Selasa (10/8/2021).

Dia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi khusus disabilitas itu melibatkan tenaga kerja sosial kecamatan (TKSK) dan desa. Pelibatan tersebut bertujuan untuk mengatasi hambatan dari keluarga maupun penyandang disabilitas untuk datang ke Puskesmas setempat.

“Sehingga kami mengharapkan melaui TKSK dan desa akan berkunjung ke desa-desa, atau paling tidak mendekatkan pelayanan kepada tempat tinggal para disabilitas,” ungkap Agus.

Dia mengimbau, untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi agar pihak keluarga mempunyai keluarga penyandang disabilitas untuk segera menghubungi TKSK di kecamatannya masing-masing.

“TKSK dapat memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi di puskesmas. Dimohon kepada keluarga yang mempunyai disabilitas untuk segera menghubungi TKSK,” pesan Agus.

Sebelumnya, di Puskesmas Pontang kegiatan vaksinasi dilaksanakan pada tanggal 08 Juni 2021 dengan sasaran 141 orang dari pegawai kecamatan dan guru di Kecamatan Pontang. Namun dari jumlah tersebut, hadir hanya 87 orang. Sedangkan yang tidak hadir 54 orang dari target sasaran vaksinasi pada 08 Juni 2021.

Pelaksanakan vaksinasi berjalan dengan lancer dan selalu mentaati protokol kesehatan yang berlaku. Dari 87 orang yang hadir yang dapat diberikan vaksin hanya 73 orang dan 14 orang di tunda karena memiliki tekanan dara tinggi. Yang di tunda akan diberikan vaksinasi kembali pada tahap berikutnya.

(Rilis Diskominfosatik Kab Serang / Editor: IN Rosyadi)

Iman NR

Back to top button