News

SMA Muhi Yogya Salurkan Rp38 Juta Untuk Korban Gempa Cianjur

Pengurus IPM, Pengurus Dewan Kerabat Penghela HW dan Lazis SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengadakan penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Cianjur.

Seluruh keluarga besar SMA Muhi diminta memberikan infak terbaiknya untuk membantu saudara saudara yang sedang tertimpa bencana tersebut.

Selain dari siswa, guru dan tenaga pendidikan, bantuan dana ini juga diperoleh dari orang tua siswa SMA Muhi.

Dana yang terkumpul untuk donasi korban gempa dan banjir ini sebesar Rp38,2 juta.

Bantuan tersebut kemudian diserahkan kepada Ketua PDM Kota Yogyakarta, Akhid Widi Rahmanto untuk dikelola oleh LazisMu PDM Kota Yogyakarta, Senin (5/12/2022) siang.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang kepala sekolah dengan dihadiri oleh perwakilan siswa dan wakil kepala sekolah.

Siswi kelas 11 Nashifa menyampaikan bahwa dia sangat senang bisa berpartisipasi dalam penggalangan dana tersebut. Menurut dia, sedikit rizikinya dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Penggalangan dana tersebut dilakukan selama 1 minggu. Ada berbagai cara untuk menggalang dana kepedulian ini.

Cara tersebut diantaranya, dengan membuka rekening LazisMu SMA Muhi, menempatkan infak di berbagai strategis dan penggalangan dana secara langsung di kelas.

Kepala Sekolah SMA Muhi Herynugroho berharap kegiatan ini dapat memupuk rasa empati dan kepedulian dari peserta didik.

Lebih lanjut, dia juga berharap peserta didik dibiasakan sejak dini agar peserta didik memiliki jiwa sosial usai dewasa.

“Setiap peristiwa yang terjadi, baik yang menyenangkan atau menyedihkan pasti ada hikmah yang bisa diambil. Semoga saudara – saudara yang terkena bencana bisa menerima dengan lapang dada dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut,” katanya.

Selain itu, Ketua PDM Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto juga menyambut baik penggalangan donasi yang dilakukan oleh pengurus IPM dan HW.

“Ini menunjukkan bahwa IPM SMA Muhi adalah organisasi yang hidup. Ada bencana, lalu respon. Ini juga wujud filantropi Muhammadiyah,” katanya.

Akhid Widi juga menambahkan bahwa anak – anak IPM sudah dibekali dengan pengalaman gerakkan Muhammadiyah, dan donasi yang sudah terkumpul nantinya akan disalurkan melalui LazisMu Kota Yogyakarta.

(Yusron Ardi Darmawan / Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button