Politik

Usep: Ajang Pilgub Banten 2024 Bakal Didominasi Figur Lama

Hingga saat ini, bakal calon (Balon) yang digadang-gadang sebagai Gubernur Banten dalam Pilgub Banten 2024 bakal didominasi figur lama yang pernah menjadi pejabat publik dan minim figur baru untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) atau Pilkada tahun 2024.

“Seharusnya partai politik mampu menampilkan figur baru yang berkualitas, sehingga rakyat memiliki pilihan yang beragam,” kata Usep Saepul Ahyar, Pengamat Politik dari Populi Center yang dihubungi MediaBanten.Com, Senin (20/3/2023).

Usep mencontohkan, beberapa partai politik pernah melakukan rekrutmen baik terhadap kadernya atau di luar kader untuk dimajukan dalam perhelatan pemilihan tersebut. Namun proses ini terlihat tidak berkelanjutan.

“Memang terhadap figur baru ada dilema besar yang dihadapi. Misalnya, figur itu memiliki kualitas dan integritas yang baik, ternyata minim populeritas, apalagi elektabilitas. Di titik ini, acapkali partai politik mengambil jalan pintas, mencari figur yang pernah jadi pejabat publik,” katanya.

Katanya, figur berasal dari orang yang pernah menjadi pejabat publik memiliki keuntungan, setidaknya dikenal atau populer dan memiliki akses tertentu untuk mendulang suara. Meski saat pejabat, dia tidak memiliki kinerja atau prestasi yang luar biasa.

“Sebagian masyarakat kita itu sangat pemurah dalam menilai. Meski menjalankan jabatan itu business as usual, yakin dinilai baik, asal jangan melaukan kejahatan seperti korupsi atau kedzoliman luar biasa,” katanya.

Karena itu, kata Usep, populeritas bagi mereka tidak terlalu mahal, hanya memerlukan efort yang sistematis dan terukur. Berbeda dengan figur baru yang sama sekali tidak dikenal, menelan biaya besar untuk mencapai tahapan populeritas dan elektabilitas.

Figur Balon Gubernur

Figur Balon Gubernur Banten yang muncul ke permukaan saat ini antara lain Wahidin Halim (mantan Gubernur Banten), Airin Rachmi Diany yang merupakan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) dua periode.

Masih muncul nama Andika Hazrumy (mantan Wakil Gubernur), meski keluarga besarnya menggaungkannya untuk menjadi bakal calon Bupati Serang, menggantikan Ratu Tatu Chasanah yang sudah menjabat kepala daerah selama dua periode.

Kemudian Rano Karno yang pernah menjadi Wakil Gubernur Banten yang kemudian menjadi Gubernur Banten. Sekarang dia menjadi anggota DPR RI dengan daerah pemilihan Banten 3.

Nama lainnya Arief Rachdiono Wismansyah yang saat ini menjabat Walikota Tangerang. Ada Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Iti Octavia Jaya Baya (Bupati Lebak) dan Irna Naurilita (Bupati Pandeglang).

Sedangkan nama Heldy Agustian (Walikota Cilegon) dan Syafrudin (Walikota Serang) tak banyak muncul dalam bahasan Balon Gubernur. Kedua figur itu diyakini akan maju kembali sebagai walikota di daerah masing-masing. (INR)

Editor Iman NR

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button