Ustadz Fathur Roji LC: Siapakah Yang Akan Menolongmu

Foto: Kajian Hati

Ustadz Fathur Roji LC mengajukan pertanyaan siapakah yang akan menolongmu? Dalam tausyiahnya di Kajian Hati di Masjid Jami Al-Istiqomah di Kota Serang memulai dengan surat Ar Rohman, kemudian memaparkan perilaku-perilaku yang disadari atau tidak disadari akan dimintai pertanggung jawban. Karena itu, ada perbuatan manusia yang bisa menolong di dunia maupun di akhirat.

Ustadz Fathur Roji LC memberikan contoh soal ilmu yang bermanfaat. Dan, ilmu itu terbagi dua, yaitu ilmu dunia dan akhirat. Dan, ilmu dunia harus dilandasi dengan ilmu akhirat. Dengan ilmu itu, manusia bisa membedakan kebaikan dan keburukan. Dengan ilmu juga, umat menjadi mengetahui tata cara sholat yang benar, termasuk soal bahasa yang dijadikan pengatar untuk Wahyu Allah.

Misalnya, huruf alif, mim dan nun. Jika huruf alif dipanjangkan dua harakat, maka akan berbeda maknanya dalam bahasa Indonesia, berarti dikabulkan. Jika huruf, mim yang dipanjangkan dua harakat, sementara huruf alif hanya satu harakat, maka akan bermakna dipercaya. Gelar Rosululloh adalah Al-Amiin.

Baca: Perbedaan Allah, Rob dan Ilah

Penolong lainnya adalah doa orangtua, khususnya ibu. “Jangan pernah membuat ibumu menangis karena perbuatanmu. Jika itu terjadi, niscaya hidup tidak akan barokah.

Pemaparan lainnya adalah membaca Al Quran dengan benar sesuai dengan makhroj dan tajwidnya. Rosul pernah diberitahu Allah agar membaca Al Quran dengan tartil (tertib) dan tidak perlu cepat. Dalam surat Al Baqaroh, ayat 120 dijelaskan, bagaimana harus membaca ayat-ayat Al Quran dengan benar. (IN Rosyadi)

Lebih lengkap, silahkan ikuti video di bawah ini:

 

Berita Terkait