Dicicil Per Hari, RT 02 Depag Kurban 7 Kerbau, 2 Sapi dan 4 Kambing

Cicil hewan kurban

Warga Komplek Perumahan Depag RT 02/07, Kelurahah/Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Jumat (31/7/2020), melaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa 7 ekor kerbau, 2 sapi dan 4 ekor kambing.

Kegiatan dalam rangka Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriyah ini dilaksanakan selepas melaksanakan shalat Ied, dilanjutkan usai shalat Jumat di fasum di komplek perumahan. Penyembelihan hewan dipimpin Ketua RT 02, Junaedi didampingi Ketua DKM Mushola Al Iklas, H. Ujang Rahmat.

Ketua RT 02 Junaedi mengatakan, setiap tahun saat Hari Raya Idul Adha, warga perumahan Depag memang rutin menyembelih hewan kurban. Hewan kurban merupakan hasil patungan warga yang didapat dari hasil mencicil sebesar Rp 10.00p/hari sesuai hasil musyawarah warga.

Setelah terkumpul Rp 2.8 juta kemudian dikumpulkan untuk 7 warga dan dibelikan satu kerbau atau sapi.

Baca:

Bergiliran Kurban

“Dengan cara seperti ini, Alhamdulillah setiap tahun seluruh warga RT 02 bisa bergiliran berkurban. Selain itu bisa terbangun jiwa sosial dan ada silaturahmi untuk menciptakan rasa kebersamaan dan berjiwa untuk bersedekah,” kata Junaedi.

Sementara itu, H Ujang Rahmat, ibadah berkurban diperintahkan oleh Allah melalui kisah Nabi Ibrahim yang mendapatkan wahyu berupa mimpi untuk menyembelih anak kesayangannya, Nabi Ismail, yang telah dia idam-idamkan sejak lama. 

“Di balik kisah Nabi Ibrahim dan Ismail tersebut, menjadi dasar atau alasan kewajiban berkurban yang dilaksanakan setiap umat muslim hingga hari ini,” katanya.

Di tempat yang sama, H Asep Sukandarusman menambahkan untuk tertib pembagian daging kurban, pihaknya mendistribusikan melalui kupon yang disebar. Menurut tokoh masyarakat ini, karena di masa pandemi Covid-19, pemotongan daging maupun pembagian daging kurban dilakukan sesuai protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona.

“Selain warga perumahan, pembagian daging kurban juga dilakukan untuk warga di kampung sekitar komplek perumahan. Ini sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan antar masyarakat,” kata H Asep Sukandarusman, yang merupakan Kadubdit Harda Polda Banten. (yono)

Berita Terkait