Kesehatan

Manfaat Tanaman Binahong Bagi Kesehatan

Tanaman Binahong atau dikenal dengan latin Anredera cordifol adalah salah satu jenis tanaman obat yang berasal dari daratan China.

Binahong merupakan tanaman daun merambat, tumbuhan ini dikenal dengan nama Dheng San Chi.

Sementara itu, penyebutan binahong secara internasional adalah Heartleaf Madeiravine.

Daun Binahong dikenal menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki beragam kandungan senyawa alami yang telah dimanfaatkan dari generasi ke generasi sebagai pengobatan tradisional di Taiwan, Korea dan juga Tiongkok.

Tanaman dengan nama ilmiah Anredera Cordifolia tersebut, salah satu jenis herbal yang memiliki khasiat tinggi untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan kronis.

Hampir semua bagian dari tumbuhan binahong dapat dimanfaatkan sebagai media terapi herbal.

Secara umum, Madeiravine ini mempunyai khasiat sebagai antioksidan, anti nyeri, antibakteri, hingga anti inflamasi yang krusial untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman Binahong yang sejak dulu dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman obat memang belum termanfaatkan secara maksimal.

Potensi tanaman Binahong yang melimpah dengan semakin berkembangnya inovasi teknologi diera sekarang ini ternyata daun Binahong selain untuk obat bisa diolah menjadi Cincau.

Melansir dari dari beberapa sumber, ada beberapa manfaat daun binahong.

Mengobati Luka

Daun binahong juga mempunyai manfaat yang mampu mengobati luka. Pasalnya, daun binahong mempunyai kandungan antimikroba yang mampu menurunkan risiko infeksi akibat luka.

Menjaga Kesehatan Kulit

Selain mengobati luka, Daun binahong mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, daun binahong juga mampu mencegah tanda-tanda penuaan serta dapat mengobati jerawat.

Meredakan Batuk

Daun binahong, dapat mengobatan atau meredakan batuk. Hal tersebut dikarenakan daun binahong mengandung banyak nutrisi yang mampu mengurangin risiko infeksi dan meningkatkan sistem imun tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit salah satunya batuk. 

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat lain dari Daun Binahong, Daun ini dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan.

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan mengenai efek samping konsumsi daun binahong yang berlebihan bisa memberikan efek samping yang akan menganggu kesehatan.

Jika memiliki riwayat alergi pada daun binahong dan Ibu hamil dilarang mengonsumsi daun binahong.

Jangan memberikan daun herbal kepada anak-anak yang masih di bawah umur.

(Dari Berbagai Sumber / Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button