Politik

Musyawarah Rakyat Banten Digelar 20 November di Kota Serang

Ketua Panitia Musyawarah Rakyat (Musra) Banten, A Havid Permana mengatakan, Musra Banten akan dilaksanakan ada tanggal 20 Nopember 2022. Rencananya bertempat di Plaza Aspirasi, KP3B – Kota Serang, Provinsi Banten.

“Musra Banten merupakan satu rangkaian dari Musra Indonesia. Musra I di adakan di Bandung. Musra II di Pekan Baru dan Musra III di Palembang. Banten rencananya tanggal 20 Nopember di Plaza Aspirasi,” kata Havid Permana.

Musyawarah Rakyat bertujuan untuk mengumpulkan aspirasi langsung dari masyarakat. Baik itu keluh-kesah, saran, dampak program, keinginan program dan calon presiden berikutnya.

“Jadi Musra itu bukan hanya soal mencari capres dukungan rakyat. Soal capres itu hanya salah satu bagian saja. Musra juga menghimpun keluhan masyarakat. Soal dampak pelaksanaan program juga. Tapi karena sedang hangatnya pencapresan, akhirnya kami dituding sedang menggalang dukungan,” ujar Havid.

Terlebih aktifis yang terlibat di persiapan Musra, rata-rata relawan Jokowi. Ditambah di Musra Bandung, nama yang terbanyak untuk menjadi presiden berikutnya adalah Jokowi.

“Gara-gara nama Jokowi muncul di Musra Bandung, kegiatan ini lalu dituding gerakan Jokowi 3 periode. Padahal tidak. Ini dibuktikan dengan Musra Pekan Baru yang memunculkan Sandiago Uno dan Musra Palembang yang memunculkan Ganjar. Di Banten kami enggak tahu siapa yang bakal muncul menjadi capres dukungan rakyat. Bisa saja Airin, Rano Karno atau WH atau lainnya,” papar Havid.

Saat Musra nanti, peserta akan melakukan eVoting tanpa pilihan. Jadi diberi blanko kosong. Peserta tinggal menuliskan nama yang diinginkan untuk menjadi presiden berikutnya.

“eVoting yang kami lakukan itu isinya bukan pilihan nama-nama. Tidak ada pilihan nama. Baik itu Jokowi, Uno, Ganjar, Prabowo atau lainnya. eVotingnya berupa blanko kosong. Peserta harus menulis sendiri nama calon presidennya,” kata Havid.

Musra juga diharapkan memunculkan nama-nama baru di luar yang disodorkan lembaga-lembaga survey.

Musra Banten rencananya dihadiri oleh 5.000 peserta dari berbagai elemen masyarakat. (Ucu Nur Arif Jauhar / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button