Gaya HidupKesehatan

Manfaat Konsumsi Sayur Bayam, Bisa Jaga Kesehatan Tulang

Bayam merupakan sayuran berwarna hijau dan mudah sekali ditemui di Indonesia. Sayuran dengan banyak manfaat ini memiliki harga yang relatif terjangkau dan memiliki banyak kandungan gizi.

Kandungan nutrisi pada bayam dengan berbagai khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini 5 manfaat mengkonsumsi sayuran berwarna hijau bagi tubuh diantaranya :

Kesehatan tulang

Sayuran tersebut memiliki banyak kandungan vitamin diantaranya vitamin K yang baik untuk tulang serta pengubah protein matriks tulang.

Hal tersebut sebagai penyerapan kalsium serta mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh.

Hanya dengan satu mangkuk bayam yang dimasak mengandung 987 persen kebutuhan vitamin K. Hal ini membuat vitamin K dikaitkan dengan rendahnya resiko patah tulang.

Mencegah anemia

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah.

Zat besi yang cukup, maka darah tidak dapat menghasilkan cukup hameglobin atau protein dalam darah yang bertugas mengangkutoksigen ke seluruh tubuh.

Dengan mengkonsumsi sayuran ini, maka dapat mencegah anemia.

Kesehatan kulit dan rambut

Bayam memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak di pori-pori kulit dan rambut.

Selain itu, bayam memiliki banyak kandungan akan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin C untuk membantu menjaga kulit agar tetap awet muda dan membantu penyembuhan luka.

Mencegah kanker

Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam bioactive foods in promoying healt dan current medical chemistry menunjukan, senyawa tersebut membantu memperlambat pertumbuhan tumor leher rahim dan mampu mengurangi ukuran tumor, dengan konsumsi bayam mengurangi resiko kanker prostat dan kanker payudara.

Mencegah asma

Bayam juga memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi sehingga membantu penderita asma mengurangi gejala yang dialami.

Selain itu sayuran berwarna hijau ini mengandung magnesium yang dapat menjadi pengobat darurat yang efektif untuk serangan asma.

Kesehatan mata

Bayam adalah sumber karotenoid lutein dan zeaxanthin yang baik. Kedua senyawa ini berhubungan dengan membantu mencegah degenerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia.

Menurut The Scripps Research Institute, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang makan bayam tiga kali seminggu memiliki risiko 43 persen lebih rendah terkena degenerasi makula.

(Jayanti Fitria / Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button